Thursday, October 29, 2020

Ketahui 5 Penyebab Rambut Rontok Berikut Ini!


Rambut rontok sangatlah mengganggu. Terlebih jika rambut yang rontok lebih dari 50 helai rambut per harinya. Berbagai macam upaya kita lakukan untuk mengatasi rambut rontok. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, hingga menggunakan produk-produk yang terdapat di pasaran. Beberapa macam produk seperti shampoo, serum penumbuh rambut, hingga vitamin rambut dapat kita jadikan referensi.

Penyebab Rambut Rontok

Sebelum kita mengalami rambut rontok yang parah, alangkah baiknya kita mengenali penyebab-penyebab rontoknya rambut. Dengan begitu kita dapat mencegah terulangnya kerontokan rambut. Atau jika belum mengalami kerontokan rambut, kita dapat mencegahnya agar hal itu tidak terjadi. Berikut adalah beberapa penyebab dari rambut rontok,

1. Sering Mengubah Style Rambut

Terlalu sering merubah tatanan rambut mampu meningkatkan intensitas kerontokan pada rambut. Sering menggunakan catokan untuk meluruskan atau mengeritingkan rambut, penggunaan obat-obat keras, atau mengikat rambut dengan ketat merupakan beberapa kegiatan yang dapat memicu kerontokan pada rambut kita.

2. Stress

Ketika stress, tanpa kita sadari dapat mengakibatkan rambut rontok. Stress yang bersifat sementara, tidak cukup untuk membuat rambut rontok. Namun, jika kita mengalami stress yang berkepanjangan seperti stress akibat kecelakaan, trauma, bahkan stress emosional akibat kematian orang terdekat, maka stress inilah yang mampu membuat kita mengalami kerontokan rambut.

3. Penggunaan Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan dengan jangka waktu yang lama dapat menyebabkan rambut rontok. Misalnya kita sedang mengalami perawatan menggunakan obat-obatan karena sakit, maka tanpa kita sadari rambut akan lebih sering rontok. Sebaiknya kita menjaga kesehatan agar mengurangi konsumsi obat-obatan. 

4. Keturunan

Beberapa sumber mengatakan, jika keturunan mampu mempengaruhi tingkat kerontokan pada rambut. Jika kita mengalami kerontokan, mungkin kita dapat melihat riwayat keluarga. Diumur berapakah kebanyakan keluarga kita mulai mengalami kerontokan dan kemungkinan kita juga akan cenderung mengalami kerontokan pada umur yang sama. 

Tak heran jika ada orang dengan umur yang masih muda namun rambutnya sudah mulai botak. Mungkin saja ini adalah akibat dari riwayat keluarga.

5. Kekurangan Zat Besi

Apabila kekurangan zat besi, gangguan yang sering kita idap adalah anemia. Zat besi merupakan senyawa yang terkandung di dalam sel darah merah. Sel darah merah inilah yang nantinya akan membawa oksigen dan menyalurkan ke seluruh organ. Kurangnya zat besi dalam darah dapat menyebabkan kerontokan rambut. Cara sederhana untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi zat besi, seperti bayam. 

Nah, itu tadi adalah beberapa penyebab mengapa kita sering mengalami rambut rontok. Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu dalam mengatasi masalah rambut rontok. Kita bisa rutin menggunakan fungsi vitamin rambut agar rambut yang rontok tergantikan dengan rambut baru.

Semoga informasi di atas membantu ya!

0 comments:

Post a Comment