Tuesday, October 13, 2020

Inilah Kegiatan Kreatif Bersama Anak Saat Pandemi Covid-19


Pandemi yang terjadi di beberapa bulan belakangan ini membuat orang lebih banyak berkegiatan di rumah. Bukan hanya untuk orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Bagi Si Kecil, aktivitas yang dilakukan hanya di rumah saja mungkin akan terasa membosankan.

Selain belajar atau sekolah di rumah, Anda bisa membantu Si Kecil untuk melakukan kegiatan seru demi mengisi waktu luangnya. Sebagai referensi, berikut beberapa kegiatan kreatif bersama anak yang bisa dilakukan selama di rumah: 

Bersihkan Mainan Bersama

Kegiatan anak yang bisa dilakukan salah satunya dengan mengajaknya untuk membersihkan mainannya. Dengan kegiatan ini secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa tanggung jawab dan melatih keterampilan sensorik dan motorik Si Kecil.

Membuat Camilan Sehat

Anda juga bisa loh menjadikan memasak sebagai kegiatan anak yang menyenangkan. Ajaklah Si Kecil untuk membuat camilan yang mereka sukai, misalnya puding susu, kue cokelat, dan menu lainnya. Kegiatan ini juga bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan anak dengan mengontrol asupan makanan. 

Bermain Alat Musik

Anda mempunyai alat musik seperti gitar, organ, atau bahkan piano di rumah? Kenapa tidak dimanfaatkan sebagai kegiatan anak untuk mengenalkan musik padanya?

Anda bisa mengajarkannya cara memainkan alat musik tersebut. Ajarkan nada atau not lagu yang mudah dimainkan atau not lagu kesukaan anak. Dari sini Anda pun juga dapat melihat apakah Si Kecil memiliki bakat bermusik atau tidak. 

Membersihkan Ruangan 

Anda pasti setuju kalau sifat kemandirian itu harus ditanamkan sejak kecil. Nah, dengan anak lebih banyak melakukan aktivitas di rumah, keadaan ini bisa menjadi momen yang pas untuk memulai kebiasaan mandiri pada anak. Misalnya dengan mulai membiasakan anak menjaga kamar dan ruangan belajarnya agar tetap bersih dan rapi. Anda bisa mengajarkan anak untuk menyapu dan membersihkan debu di ruang belajar dan di kamarnya serta merapikan tempat tidurnya. Cara ini sangat membantu mengajarkan kedisiplinan dan menjaga kebersihan pada anak sejak dini.

Membuat Hasil Karya dari Bahan di Alam

Kegiatan kreatif untuk anak lainnya yang bisa dilakukan saat di rumah adalah dengan mengajaknya membuat hasil karya dari benda-benda yang ada di sekitar. Anda dapat mengajak anak berkeliling di sekitar rumah sambil meminta anak mengambil bahan apa saja yang ia inginkan, misalnya batu kecil, daun, dan ranting pohon ke dalam wadah.

Sesampainya di rumah, mintalah anak untuk menempelkan benda-benda yang diambil tadi di atas karton untuk dijadikan sebuah karya seni hasil kreativitas dan imajinasi sang anak. Demi memotivasi sang buah cinta, Anda dapat memajang karya tersebut di rumah.

Berkebun

Jika Anda suka berkebun, mengapa tidak mengajak anak untuk ikut membantu? Anda bisa menyiapkan peralatan berkebun yang berukuran kecil untuk sang anak. Berikan contoh bagaimana cara menanam yang benar.

Bila rumah Anda tidak memiliki halaman, bisa memanfaatkan pot untuk dijadikan sebagai wadah. Bila anak sudah bisa menanam, secara rutin ajak ia untuk menyiram benih yang sudah ditanam tersebut. Kegiatan anak ini akan sangat membantu untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan, kesabaran dan mengajarkannya untuk menghargai proses.

Menari Bersama

Menari bukan hanya kegiatan yang menyenangkan, tetapi juga membuat tubuh anak bergerak aktif, sehingga bagus untuk kesehatan tulangnya. Agar makin seru, gunakan kostum layaknya sedang berpesta dan putarlah lagu favorit anak Anda, misalnya balonku, bintang kecil, naik delman, dan lain-lain. Kemudian buatlah gerakan-gerakan yang mudah diikuti anak sesuai irama lagu. 

Ternyata ada banyak ya kegiatan kreatif untuk anak yang bisa dilakukan selama di rumah. Kegiatan-kegiatan di atas pasti akan sangat menyenangkan. Jangan sampai lupa juga untuk memastikan menggunakan asuransi jiwa seperti Ziaga Life Plus.

Asuransi ini merupakan produk Asuransi modern yang mampu memberikan Anda dan keluarga perlindungan jiwa selama 15 tahun dengan masa pembayaran premi 10 tahun. Selain itu menyediakan jaminan pengembalian 110% dari total premi yang dibayarkan.

0 comments:

Post a Comment