Thursday, September 24, 2020

Pertimbangan dalam Memilih Perawatan Pasca Stroke


Stroke adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan membuat pasiennya mengalami gangguan kesehatan. Tidak hanya gangguan kesehatan, pasien juga dapat mengalami masalah mental sehingga hal tersebut akan membuatnya depresi. Oleh karena itulah ketika akan memilih perawatan pasca stroke maka perlu untuk mempertimbangkan banyak hal sehingga nantinya mendapatkan perawatan yang terbaik. Seperti misalnya beberapa pertimbangan penting yang bisa digunakan adalah sebagai berikut ini:

1. Kapan dimulainya perawatan

Pertimbangan pertama yang bisa diperhatikan untuk perawatan pasien stroke adalah kapan dimulainya perawatan tersebut. Hal ini penting untuk diperhatikan sehingga Anda bisa memaksimalkan perawatan terhadap pasien stroke. Adapun untuk rehabilitas post stroke sendiri bisa dilakukan ketika pasien sudah dalam kondisi yang stabil. Pasien tidak boleh mendapatkan perawatan ketika kondisinya masih tidak stabil, sehingga harus menunggu hingga kondisi pasien benar-benar stabil. Adapun untuk kondisinya dapat stabil adalah dalam 2 hingga 4 hari setelah terkena stroke. Waktu tersebut merupakan waktu tunggu yang bisa digunakan akan tetapi juga bisa dengan melihat kondisi pasien stroke untuk menentukan waktu dimulainya rehabilitasi post stroke.

2. Berapa lama perawatan yang dibutuhkan

Hal selanjutnya yang bisa diperhatikan dengan matang adalah mengenai berapa lama perawatan yang dibutuhkan. Penyakit stroke sendiri merupakan penyakit yang tidak main-main dan berakibat pada kesehatan tubuh. Pasien mengalami berbagai gangguan kesehatan yang pada umumnya dapat membuat kemampuan sehari-hari yang dipunyai pasien hilang. Oleh karena itulah perawatan dibutuhkan karena akan sangat membantu mengembalikan kondisi pasien stroke untuk dapat menjalani hidup yang lebih baik kedepannya. Proses rehabilitasi tersebut dibutuhkan untuk menjaga dan mengasah kemampuan pasien dan dilakukan dalam waktu tergantung dari kebutuhan. Perawatan post stroke bisa diberikan pada pasien berbulan-bulan bahkan juga bertahun-tahun tergantung dari kebutuhan pasien.

3. Jenis perawatan

Pertimbangan selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai jenis perawatan yang akan diberikan untuk pasien. Dimana hal ini tentu saja bisa untuk diperhatikan dari kondisi pasien stroke yang akan dirawat. Akan tetapi yang paling umum adalah mendapatkan terapi kognitif, terapi psikologis, terapi sensorik, dan jenis lainnya. Sehingga jenis perawatan nantinya bisa dipilih sesuai dengan kondisi stroke yang dialami oleh pasien. Jenis perawatan tersebut akan membantu untuk mengatasi berbagai gangguan yang disebabkan oleh stroke seperti kelumpuhan, kesulitan menggerakkan bagian tubuh, gangguan rasa nyeri, gangguan berpikir, gangguan emosional, hingga gangguan berbicara yang dirasakan oleh pasien stroke.

4. Biaya yang dibutuhkan

Hal penting lainnya yang bisa untuk diperhatikan adalah biaya yang akan dibutuhkan. Hal ini tentu saja menjadi pertimbangan penting karena seperti yang telah dijelaskan bahwa perawatan post stroke membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itulah Anda perlu mempersiapkan biaya yang digunakan untuk berbagai perawatan yang dibutuhkan oleh pasien stroke.

5. Tempat mendapatkan perawatan

Pertimbangan terakhir adalah mengenai tempat mendapatkan perawatan. Selain masalah biaya, waktu dan tenaga yang akan diperlukan untuk memberikan perawatan pasca stroke juga banyak. Oleh karena itulah Anda bisa untuk memilih tempat perawatan yang tepat. Seperti Anda bisa memberikan perawatan pada pasien stroke dari tenaga medis yang ada di rumah sakit. Selain itu Anda juga bisa memberikan perawatan pasien stroke di rumah. Langkah ini juga sangat mudah yaitu dengan memanfaatkan Aido Health yang menawarkan tenaga profesional untuk memberikan perawatan pada pasien pasca stroke di rumah dengan biaya terjangkau dan banyak keuntungan lainnya.

0 comments:

Post a Comment