Wednesday, September 9, 2020

Begini Tips Merawat Mesin Mobil Bagi Pemula


Punya mobil serta sebagai pengendaranya, pastinya Anda ingin mobil awet dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Ya, memiliki mobil dengan mesin yang awet tentu akan lebih menghemat pengeluaran karena mobil tersebut tidak akan mudah rusak. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat mobil yang tepat, terutama bagi pemula. Namun, tak hanya perawatan, Anda juga wajib memberi perlindungan pada mobil dengan membuat asuransi mobil, dengan premi atau biaya asuransi mobil yang sangat terjangkau sehingga ketika mendaftar tentunya tidak akan memberatkan Anda. 

Adapun beberapa tips merawat mobil yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut: 

1. Mengecek oli

Oli mobil harus rutin diganti terutama jika sudah menempuh jarak 5000 – 10.000 kilometer. Tujuannya, agar mesin mobil dapat terus bekerja secara optimal. Untuk itu, jangan sampai lupa untuk mengeceknya. Lantas, bagaimana caranya? Teteskan oli ke tangan, lalu jika Anda merasa ada serpihan halus dan kotoran, maka itu artinya oli mobil Anda harus segera diganti dengan yang baru. 

2. Memastikan jika kopling mobil berfungsi dengan normal

Jika Anda punya mobil bertransmisi manual, maka jangan sampai lupa untuk mengecek kondisi dan fungsi koplingnya. Apabila kampas kopling mobil mulai aus yang ditandai dengan perpindahan gigi yang menjadi berat serta mengganggu kenyamanan saat berkendara, maka sebaiknya segera ganti kampas kopling mobil Anda agar tidak menimbulkan masalah nantinya.

3. Mengisi air radiator

Fungsi dari air radiator adalah untuk mendinginkan mesin ketika bekerja. Maka, pastikan jika Anda mengisi air pada tabung radiator dengan cukup dan berkala. Tujuan melakukan ini supaya mesin mobil bisa bekerja dengan baik dan optimal. 

4. Memeriksa lampu dan kabel

Memeriksa kondisi lampu dan kabel mobil secara rutin memang penting, terutama bagi Anda pemilik mobil. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya masalah yang mungkin saja muncul di perjalanan akibat adanya kabel yang kendur atau putus dan membuat lampu mobil redup bahkan mati. 

5. Melakukan perawatan pada aki mobil

Selain itu, pastikan air aki mobil Anda berada di level yang seharusnya atau di antara garis batas penanda agar mobil tetap prima dan tidak menimbulkan masalah nantinya. Jika Anda tidak tahu cara mengeceknya, maka disarankan memeriksakan kondisinya ke bengkel terdekat. 

Itu dia cara sederhana merawat mesin mobil agar tetap awet. So, coba terapkan pada mobil Anda dan semoga bermanfaat. 

0 comments:

Post a Comment