Monday, May 18, 2020

Cara Sederhana Mencegah Penularan Virus COVID-19


Wabah COVID-19 telah mengubah kehidupan masyarakat di Indonesia, mulai dari aspek ekonomi, kesehatan, hingga hubungan antar masyarakat. Perubahan tak menyenangkan ini membuat semua orang merasa tidak nyaman satu sama lain. Oleh sebab itu, seluruh masyarakat Indonesia harus ikut andil dalam langkah pencegahan virus COVID-19 sehingga wabah ini segera berakhir dan kehidupan kembali normal.

Langkah-Langkah Sederhana Mencegah Penularan COVID-19

Untuk mencegah dan memperlambat penularan virus COVID-19 ini, maka ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan, seperti:

1. Stay di rumah

Tetap di rumah ketika pandemi COVID-19 merajalela adalah cara sederhana agar tak tertular virus tersebut. Dan, hanya bepergian ketika ada keperluan yang mendesak seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari ke supermarket, misalnya, maka risiko Anda tertular COVID-19 menjadi semakin berkurang. Nah, supaya tak bosan, Anda bisa berlangganan berbagai konten internet, memasak, berkebun, dan bermain bersama keluarga.

2. Jaga jarak dan pakai masker saat keluar rumah

Beberapa dari Anda mungkin tidak dapat terus berada di rumah karena harus bekerja atau melakukan kegiatan mendesak lainnya. Ketika pergi keluar rumah, Anda harus jaga jarak setidaknya 1,5 m dari orang di sekitar.

Selain itu, Anda juga harus mengenakan masker. Pastikan masker tersebut cukup tebal untuk menahan virus masuk ke dalam tubuh Anda. Sebagai tambahan, Anda sebaiknya juga mengenakan kaca mata. Menurut sebuah penelitian, penularan COVID-19 melalui mata sangat mudah terjadi. Dan, setelah pulang dari bepergian, jangan lupa untuk mandi dan ganti baju dengan yang bersih.

3. Rajin cuci tangan

Cuci tangan setelah memegang uang, bepergian, memegang barang belanjaan, dsb, dapat mencegah penularan virus COVID-19 ini. Namun, perlu diingat bahwa proses cuci tangan harus dilakukan dengan benar. Di mana, Anda diwajibkan untuk memakai sabun serta air dan melakukannya selama paling sedikit 20 detik.

Jika Anda kebetulan tidak dapat mengakses air bersih dan sabun, maka Anda bisa mencuci tangan menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol 60%. Ketika mencuci tangan dengan air dan sabun ataupun hand sanitizer, pastikan sela-sela jari dan semua bagian tangan Anda bersih dari kuman dan virus.

4. Hindari memegang hidung dan mengucek mata

Hidung, mulut, dan mata merupakan organ tubuh yang paling mudah dimasuki virus COVID-19. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari memegang hidung, mulut, dan mengucek mata apalagi saat berada di luar rumah. Jika kebetulan Anda merasa risih, sebaiknya Anda cuci tangan atau pakai hand sanitizer terlebih dahulu sebelum memegang hidung, mulut, atau mengucek mata.

Itulah dia beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus COVID-19. Jangan lupa diterapkan, ya!

0 comments:

Post a Comment