Tuesday, April 7, 2020

Inilah 7 Tips Penting untuk Kamu yang Sedang Bimbang Memilih Laptop Programming

sumber:gadgetren.com


Seorang calon programer pasti pernah merasakan kegalauan mendalam saat memilih laptop yang cocok untuk programming. Santai saja, ini sudah menjadi hal yang wajar untuk para calon programer. Pasalnya, bagi seorang programer laptop adalah teman yang setiap harinya akan menemani kamu dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Maka dari itu, kamu harus tepat memilih laptop untuk menyelesaikan segala pekerjaan sebagai seorang programmer


Pada dasarnya, semua laptop atau komputer dapat digunakan untuk programming. Namun, tidak semua laptop mampu menjalankan program tertentu. Maka dari itu, kamu harus memilih laptop yang benar - benar dapat digunakan untuk menjalankan semua program yang akan kamu buat nantinya. Tidak perlu khawatir, karena dalam pembahasan kali ini, akan memberikan beberapa tips memilih laptop yang akan digunakan untuk keperluan programming. Tanpa banyak basa basi, langsung saja kita simak bersama tips - tips berikut ini.

1. Jumlah Memori (RAM)
sumber:arenalaptop.com


Laptop yang digunakan untuk menjalankan sebuah program akan lebih baik jika memiliki minimal RAM 4GB. Karena  semakin besar RAM, maka semakin cepat proses loading saat membuat sebuah program. Begitupun sebaliknya, semakin kecil RAM yang kamu gunakan, maka semakin lambat proses loading. Kamu tidak akan menginginkan hal itu terjadi bukan? Maka dari itu pilihlah laptop yang memiliki RAM lebih dari 4GB. Contohnya, Laptop Asus Vivobook Pro 15 N580VD RAM 8GB, HP Envy 17 U275CL RAM 16GB dan masih banyak lagi. Laptop dengan RAM besar tersebut, akan sangat membantu sekali untuk mempercepat segala pekerjaan kamu.

2. Keyboard
sumber:pcworld.com


Jika kamu hendak membeli laptop untuk programming, maka pilihlah laptop dengan Keyboard yang nyaman digunakan. Pasalnya seorang programmer pasti akan sangat sering menulis kode dengan menggunakan keyboard. Ciri keyboard yang nyaman digunakan, yaitu tanpa ada suara saat menekan dari tombol ke tombol lain, lembut saat ditekan, feedback yang padat. 

4. Kartu Grafis
sumber:id.kuora.com

Sebenarnya kartu grafis tidak terlalu berpengaruh saat melakukan koding. Kecuali, jika kamu akan membuat game 3D. So, kalau kamu tidak berniat untuk membuat game 3D. Lebih baik kamu pilih laptop dengan kartu grafis yang biasa saja, Hitung - hitung untuk menghemat budget.

5. Sistem Operasi
sumber:laptopnesia.com


Laptop memiliki tiga jenis sistem pengoperasian, yaitu Linux, Windows dan OS X. Pada umumnya, ketiga sistem tersebut dapat digunakan untuk menjalankan sebuah program. Namun, bagi aplikasi yang dibuat untuk produk Apple, hanya dapat dilakukan pada sistem operasi os x dan jenis laptop yang digunakan haruslah Macbook. Terlebih dari itu, semuanya dapat digunakan untuk membuat dan menjalankan sebuah program.

6. Portabilitas
sumber:pemmzchannel.com


Portabilitas disarankan untuk para programmer yang lebih senang bekerja di luar. Karena dengan akses ini, kamu dapat melakukan pekerjaan kapanpun dan dimanapun. Agar kamu tidak kerepotan membawanya kemanapun, maka pilihlah laptop yang ukurannya tidak lebih 14 inch. Karena, dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, maka beratnya pun akan sangat lebih ringan dan mudah untuk dibawa kemanapun.

7. Baterai
sumber:madcom.id

Baterai laptop yang awet pasti akan sangat diperlukan sekali. Pasalnya, akan sangat menyebalkan sekali bila baterai habis disaat pekerjaan kamu belum selesai. Maka dari itu, carilah laptop dengan baterai yang tidak boros. Agar kamu tidak perlu memikirkan kehabisan baterai saat melakukan pekerjaan diluar rumah dan jauh dari sumber listrik.

8. Resolusi Layar
sumber:murdockcruz.com


Walaupun terlihat sepele, ternyata resolusi layar yang berkualitas akan sangat dibutuhkan sekali, lho. Agar kamu dapat melihat lebih jelas kode - kode yang ada di layar monitor. Resolusi layar paling besar adalah 1920 x 1080 atau lebih dikenal dengan sebutan full HD. Namun sayangnya, laptop dengan ukuran kurang dari 15 inch hanya ada sedikit yang mempunyai resolusi sebesar ini.


Itulah beberapa tips untuk memilih laptop yang cocok untuk digunakan dalam membuat sebuah program. Setelah semuanya cukup, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan budget yang kamu punya. Semoga bermanfaat untuk para calon programer.

0 comments:

Post a Comment