Thursday, December 19, 2019

Tips Menaikkan Trombosit Secara Cepat dan Alami


Kepingan darah atau platelet merupakan sebutan lain dari trombosit, kepingan darah ini merupakan sel kecil dalam darah yang berfungsi dalam pembentukan pembekuan darah, jadi trombosit ini dapat menghentikan perdarahan karena luka. Normalnya trombosit hanya bertahan hidup selama 9 hari dalam darah dan secara berurut diganti dengan sel-sel baru yang dibuat sum-sum tulang.

Jika penyebab turunnya trombosit ini sudah ditangani dan diberi obat meningkatkan trombosit dengan tepat, maka dengan sendirinya trombosit akan naik. Sebab itu, dalam artikel ini akan membahas cara menaikkan trombosit dengan cepat dan alami, terlebih untuk pasien deman berdarah dengan begitu kondisi Anda cepat membaik.

Tips Menaikkan Trombosit dengan Alami dan Cepat

Supaya kepingan darah Anda kembali sampai normal lagi, Anda dapat mengikuti tips menambah trombosit ini, antara lain:

1. Konsumsi makanan sehat.

Upayakan menu makanan harian Anda dengan sayuran serta buah-buahan segar. Sebab bahan makanan tersebut seperti buah jeruk, sayur berdaun hijau, tomat, kiwi dan lainnya mampu menaikkan keping darah Anda.

2. Jauhi makanan yang tak sehat.

Baiknya Anda menjauhi junk food, makanan olahan, dan gula halus. Hindari pula minuman kafein serta alkohol. Karena dalam minuman dan makanan itu berpotensi menyebabkan trombosit jadi turun, dengan begitu proses pembuatan sumsum tulang akan berjalan lambat.

3. Makan makanan dengan vitamin B12 dan asam folat

Dalam produksi darah termasuk trombosit vitamin B12 dan asam folat sangat berperan penting dalam proses tersebut. Untuk mendapatkan asupan asam folat ada pada kacang kering, bayam, dan buah jeruk. Sementara vitamin B12 ada pada keju, telur, susu, dan daging kambing.

4. Istirahat dan tidur yang cukup

Setidaknya untuk mendapat tidur berkualitas Anda tidur 7-8 jam tiap hari. Dengan istirahat cukup akan membantu tubuh Anda segar lagi. Tidur bisa memperbaiki regulasi hormon dan metabolisme, tubuh pun akan memproduksi banyak keping darah.

Guna menaikkan trombosit darah dengan cepat, namun tetap aman Anda bisa mengikuti tips kesehatan ini. Akan tetapi bila cara tersebut belum berhasil, sebaiknya Anda langsung periksakan diri agar sakit Anda dapat ditangani dwngan tepat.

0 comments:

Post a Comment