Friday, November 8, 2019

Sebelum Membeli Asuransi Mobil, Apa Saja yang Harus Dipahami?


Asuransi ada disebabkan karena setiap orang membutuhkan asuransi serta jaminan atas apa saja yang mereka khawatirkan. Oleh sebab itu, asuransi datang dengan menyesuaikan kebutuhan pengguna. Salah satu bentuk asuransi tersebut adalah asuransi mobil. Siapa saja pasti tidak ingin terjadi hal buruk menimpa mobil kesayangan mereka. Di sinilah asuransi memberikan perlindungannya. 

Peminat asuransi dari tahun ke tahun semakin bertambah. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan asuransi yang begitu positif setiap tahunnya. Lebih-lebih investasi asuransi dan reksadana sekarang bisa dilakukan. Sayangnya, banyak orang yang belum memahami hal ini, berikut beberapa hal yang harus dipahami sebelum membeli sebuah asuransi mobil.

Ketahui dengan Baik Apa Perlindungan yang Anda Ingini

Menurut kecakupan perlindungannya, asuransi dibedakan menjadi dua, yakni asuransi TLO dan comprehensive. Bedanya, untuk comprehensive berarti klaim dibayar untuk segala kerusakan, mulai ringan hingga berat. Sedangkan TLO, asuransi ini akan dibayarkan jika mobil mengalami kerusakan hingga 75%. Karena inilah, premi comprehensive jauh lebih mahal dibandingkan dengan TLO.

Usia Kendaraan 

Usia kendaraan yang akan diasuransikan harus diperhatikan dengan baik. Usia kendaraan sangat mempengaruhi premi yang nantinya dibayarkan. Bila mobil yang Anda asuransikan memiliki umur di atas 5 tahun, Anda harus membayar premi loading fee dengan besaran 5% per tahun. Sehingga semakin tua usia mobil, loading fee yang dibayarkan menjadi semakin besar. 

Tambahan Perlindungan yang Dimiliki

Di dalam asuransi mobil, terdapat perluasan tambahan perlindungan seperti banjir, gempa bumi, huru hara hingga tsunami. Biasanya, untuk menyertakan perluasan perlindungan ini, Anda akan dikenai biaya tambahan. Biaya tambahannya pun cukup bervariasi, bergantung dari perluasan perlindungan yang Anda minta pada pihak asuransi.

Mendapatkan asuransi mobil online memang bisa dilakukan sangat mudah, namun kita harus mencermatinya dengan baik, apakah asuransi tersebut memang sudah benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang kita miliki atau belum. Jangan sampai tertarik melakukan pembelian hanya karena harga. Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai asuransi dan tips mengatur keuangan, Anda dapat mengunjungi investasi SBN tanamduit.

0 comments:

Post a Comment