Tuesday, October 29, 2019

Monumen Jogja Kembali: Tempat Mengheningkan Cipta Paling Syahdu

Source: mechtadeera.com
Semua orang sepakat bahwa Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan ‘Jogja’ merupakan kota yang sarat akan sejarah dan kebudayaan. Ketika kuajukan pertanyaan kepada kawanku tentang tempat bersejarah nan edukatif di Jogja, sungguh jawabannya sudah bisa kutebak. Pasti Candi Borobudur–dan benar saja itu jawabnya.
Candi Borobudur sudah pasti mendunia–apalagi pernah masuk 7 keajaiban dunia. Ayolah, selain Borobudur, apalagi tempat bersejarah nan edukatif? Padahal, jika anda menghitung jumlah museum di Jogja, anda akan mendapati puluhan museum yang berdiri kokoh. Di sanalah sejarah bangsa ini terekam dan diabadikan. Cukuplah itu sebagai tempat bersejarah, juga bernilai edukatif.
Sebagai salah satu kota yang memiliki banyak museum, bukan hal baru apabila Jogja seringkali menjadi tujuan wisata favorit para sejarawan. Bukan hanya wisatawan lokal, banyak wisatawan mencanegara yang turut menikmati atau bahkan menyelami sejarah bangsa yang diabadikan di museum.
Dari sekian banyak museum di Jogja, salah satu museum yang tidak biasa ialah Monumen Jogja Kembali. Ketidakbiasaan museum ini bisa dilihat dari bentuk fisik (luar) yang unik. Museum yang berlokasi di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sleman ini bentuknya menyerupai gunung yang menjulang. Bentuk gunung mengandung filosofi akan kesuburan dan pelestarian sejarah para pendahulu.
Nama Monumen Jogja Kembali diambil berdasarkan peristiwa bersejarah saat itu. Hal mana Jogja kembali direbut dari tangan Belanda, menghidupkan kembali fungsi pemerintahan Indonesia, serta kembalinya Bung Karno dan Bung Hatta ke Jogja. Dan menariknya, lokasi-lokasi penting di Jogja seperti Tugu Jogja, Keraton, Gunung Merapi, dan Pantai Parangtritis, semua terhubung dalam garis imejiner Monumen Jogja Kembali.
Memasuki museum Monumen Jogja Kembali, anda akan disuguhi pameran spesimen (diorama) berukuran asli. Tidak seperti museum-museum lain yang menyuguhkan diorama kecil. Sehingga di Monumen Jogja kembali, nuansa sejarah peristiwa dan para tokoh sangat berkesan.
Di museum Monumen Jogja Kembali, ada sepuluh diorama yang mengkisahkan perjuangan pahlawan kemerdekaan. Mulai dari perundingan perjanjian Roem-Royen, serangan 1 Maret, hingga peringatan proklamasi Indonesia tahun 1949 di Gedung Agung Jogja. Yang bikin wow, diorama-diorama itu disertai dengan audio agar pengunjung lebih tahu secara mendalam akan peristiwa bersejarah.
Selain diorama, di museum Monumen Jogja Kembali juga tersimpan lebih kurang seribu koleksi yang berhubungan dengan ‘Serangan Umum’ 1 Maret. Koleksi-koleksi bersejarah seperti alat perang, seragam tentara dan perawat disimpan dengan baik.
Sebelum pulang, pastikan anda sudah mengunjungi ruang Garbha Graha. Ruangan ini berada di lantai paling atas–memiliki bentuk melingkar–pada bagian tengah terdapat tiang bendera. Lihatlah sekeliling, ada relief besar yang mengukirkan perjuangan diplomasi dan fisik rakyat Indonesia menghadapi tentara Belanda.
Source: mechtadeera.com
Lukisan di Garbha Graha yang menggambarkan perjuangan diplomasi.

Jangan buru-buru berpaling dari ruangan ini. Merenunglah. Mengheningkan ciptalah. Berikanlah hormat kepada para pahlawan kemerdekaan–yang berjuang demi kita sebagai orang yang mewarisi kemerdekaan tanpa tahu rasanya berjuang di medan perang. Mengheningkan ciptalah, tundukkan kepala, dan rasakan kesyahduannya, seraya berjanji pada diri sendiri untuk menjaga bangsa Indonesia dengan sebaik-baiknya.
Setelah mengunjungi tempat bersejarah, hal yang perlu dipikirkan oleh wisatawan adalah penginapan. Di sanalah urat dan jemari perlu diistirahatkan setelah seharian berkeliling. Bagi anda yang belum mendapatkan tempat bernaung, kini saatnya anda mencari hotel murah di Jogja.
Tidak perlu khawatir, kini mendapatkan penginapan semudah membalik telapak tangan dengan aplikasi Pegipegi. Pastikan smartphone anda sudah terinstall aplikasi Pegipegi. Dengan aplikasi Pegipegi banyak sekali rekomendasi hotel yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.
Anda bingung lokasi? Cobalah mengaktifkan fitur pencarian penginapan murah terdekat dengan lokasi anda. Selain fitur tersebut, anda bisa mencari dan mereservasi hotel berdasarkan bintang, fasilitas, harga, dan juga tipe akomonasi anda.
Enaknya reservasi hotel dengan aplikasi Pegipegi, banyak promo dan kemudahan untuk mendapatkan hotel murah namun berkelas pilihan anda. Metode pembayarannya pun mudah, anda bisa menggunakan internet banking, mobile banking, transfer ATM, atau bayar dengan uang cash ke minimarket mitra Pegipegi.
Selamat berlibur ~

0 comments:

Post a Comment