Tuesday, October 22, 2019

Lindungi Sistem Pencernaan dengan Mencegah GERD


Upaya untuk memiliki kehidupan yang sehat bisa dimulai dari menjaga sistem pencernaan. Sebab, sistem pencernaan sangat menentukan seberapa efektif penyerapan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Saat sistem pencernaan terganggu, maka Anda akan kesulitan untuk makan atau penyerapan nutrisi akan berjalan tidak optimal.

Salah satu penyakit pada sistem pencernaan yang perlu Anda waspadai adalah GERD. Penyakit menyerang sistem pencernaan melalui asam lambung yang berlebih. Sudah banyak website kesehatan yang mengulas seputar penyakit yang satu ini dan Artikel berikut akan mengulas seputar cara mencegah GERD agar tidak menyerang Anda.

Jangan Makan Terlalu Banyak

Setiap orang tentu memiliki porsinya masing-masing saat makan. Ada orang yang kuat untuk melahap makanan dalam porsi besar dalam satu kali makan namun ada pula yang tidak bisa mengonsumsi banyak makanan. Nah, porsi makan yang biasa Anda konsumsi juga mempengaruhi potensi terjadinya GERD dan bisa Anda kontrol untuk mencegah terjadinya GERD.

Ketika Anda mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar secara sekaligus, maka lambung akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut. Hal ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan Anda yang mengonsumsi makanan dalam porsi lebih sedikit walau dilakukan secara berulang. Kinerja lambung yang terlalu keras akan melemahkan otot katup esofagus bawah dan bisa berujung pada terjadinya GERD.

Jangan Berbaring Setelah Makan

Setelah makan, apa kebiasaan yang biasanya Anda lakukan? Apakah Anda akan diam sejenak dalam posisi duduk sampai makanan tersebut turun atau langsung beranjak dan kembali beraktivitas atau bahkan memilih untuk tidur? Ketiganya umum dilakukan namun jika Anda ingin menghindari penyakit GERD, usahakan untuk tidak tidur atau berbaring setelah makan. 

Berbaring setelah makan merupakan salah satu kebiasaan buruk yang perlu Anda hindari. Sebab, selain bisa menghambat proses pencernaan makanan, berbaring setelah makan juga bisa menyebabkan GERD. Ini dikarenakan asam lambung sulit untuk turun saat posisi tubuh berbaring serta membuat lambung mengosongkan diri lebih lama. Oleh karena itu, jangan tidur setelah makan setidaknya selama 3 jam dan biasakan posisi tubuh duduk atau tidak beraktivitas terlalu keras agar sistem pencernaan tetap bekerja secara normal.

0 comments:

Post a Comment