Sunday, October 27, 2019

Jenis-jenis Strategi Jualan Online


Memiliki toko yang sukses dan diminati oleh masyarakat, tentu diinginkan seluruh pelaku usaha. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis usaha anda, salah satunya adalah dengan memanfaatkan media internet atau online. Namun memiliki bisnis online pun memerlukan beberapa strategi, mulai dari pemilihan harga hingga memilih jasa kurir seperti Ninja Xpress Jakarta. Yuk simak strategi apa saja yang penting, untuk pelaku usaha berikut. 

Beberapa Strategi Usaha Agar Bisnis Online Sukses

1. Gunakan Media Website

Dalam berjualan secara online, memang umumnya akan menggunakan media sosial. Namun anda juga perlu mengembangkan toko online, anda agar bisa dipantau melalui search engine google. Dengan menggunakan sebuah website, anda dapat meningkatkan nama toko online serta jumlah pengunjung usaha anda. 

Apabila anda tidak memiliki atau tidak dapat membuat sebuah website, maka bergabunglah bersama dengan market place yang ada di Indonesia. Dengan menggunakan market place, maka nama atau brand milik anda dapat lebih dikenal secara lebih luas oleh masyarakat. Gunakan market place yang cukup terkenal, serta sering dikunjungi oleh customer. 

2. Melakukan Survey Kebutuhan Pasar

Ketika ingin memulai sebuah usaha, ada baiknya jika pelaku usaha melakukan survey terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar pemilik bisnis dapat mengetahui, apa saja barang yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan mengetahui kebutuhan pasar tersebut, pemilik usaha dapat memiliki target pasar yang cukup luas.

Namun meskipun anda telah mengetahui apa yang sedang menjadi kegemaran pasar, bukan berarti anda dapat menjual barang yang sudah banyak di toko lainnya. Jika anda mengikuti apa yang sedang trend, pesaing toko anda jauh lebih banyak.  Apabila anda memang ingin menjual produk tersebut, maka persiapkan promosi toko anda agar dapat menyaingi toko pesaing. 

3. Berikan Kepercayaan Customer Hingga Barang Sampai

Kepercayaan kepada customer atau pelanggan pun, diukur dari barang yang dikirim hingga ke tangan pembeli. Meskipun barang yang anda jual memiliki kualitas terbaik, namun seluruh nilai tersebut pun akan runtuh dengan mudah jika pelanggan kurang puas dengan jasa pengirimannya. Umumnya pelanggan tidak akan membeli di toko yang sama, jika barang yang diterima memiliki kerusakan. 

Meskipun kurir serta toko bukanlah satu perusahaan, namun jasa kurir pun mempengaruhi kesuksesan sebuah toko online. Oleh karena itu, gunakan jasa kurir pengiriman barang yang memang berkualitas dan terbukti kemampuannya. Anda dapat menggunakan jasa Ninja Xpress Jakarta, yang telah terbukti mengirimkan barang dengan aman dan cepat. 

Apabila pelanggan menerima barang dengan keadaan yang baik dan jangka waktu yang cepat, tentu berdampak baik pula untuk image toko anda. Apabila customer merasa puas baik dari kualitas barang maupun pengiriman barangnya, mereka akan memberikan kepercayaan dan dapat terus membeli produk di toko online anda.

4. Ikut Komunitas Penjual

Cara meningkatkan bisnis anda, tentu dengan meminta tips dari orang lain yang telah sukses. Pelaku usaha dapat mengikuti beberapa komunitas penjual, untuk mengupgrade skill penjualan. Anda dapat menambah ilmu mengenai prospek, serta cara mempromosikan toko online yang dilakukan oleh penjual lainnya. 

Selain memperluas serta memperkaya pengetahuan mengenai penjualan, mengikuti komunitas penjual pun dapat memperluas jaringan pemasaran. Terkadang kerja sama pun dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah bisnis, maka dengan komunitas tersebut tidak menutup kemungkinan bagi usaha anda untuk tumbuh dan berkembang dengan pesat. 

Saat ini toko online begitu diminati oleh masyarakat, usaha yang memiliki potensi keuntungan besar ini pun membuat masyarakat ingin membuka bisnis mereka sendiri. Meskipun memiliki potensi keuntungan yang besar, persaingan pun tak kalah ketat. Oleh karena itu pelaku usaha sebaiknya memiliki sebuah strategi yang baik, agar mampu bertahan dan berkembang dengan cepat dan pesat.  

0 comments:

Post a Comment