Friday, September 27, 2019

Yuk, Intip 10 Cara Memasang Saklar dengan Baik dan Benar!


Sumber: duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com

Banyak dari kita semua kurang memahami beberapa fungsi saklar yang sebenarnya. Tidak memahami fungsi saklar akan mengakibatkan kurangnya pengetahuan dalam memasang saklar listrik rumah kamu sendiri. Padahal saklar adalah komponen elektronik yang penting pada bagian rumah kita. Saklar tidak hanya berfungsi sebagai mengatur hidup dan matinya sebuah lampu tapi saklar juga bisa difungsikan untuk rangkaian sebuah listrik lain seperti mesin pompa air dan hal yang berhubungan dengan listrik yang dapat kamu rangkai dengan kebutuhan listrik rumahmu.

Nah, Sebelum kita membahas cara memasang saklar dengan baik, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu saklar listrik. Saklar listrik adalah peralatan listrik yang berperan sangat penting sebagai penghubung dan mematikan arus listrik. Bila saklar digunakan dengan baik, maka pemakaian daya listrik di rumah atau bangunan seperti gedung dan kantor akan lebih hemat. Saklar lebih sering kita dengar sebagai komponen elektronika untuk menghidupkan dan mematikan arus listrik di rumah kita. Saklar sendiri terbagi menjadi berbagai macam seperti double, berderet, atau tunggal.

Untuk memasang saklar listrik sendiri dirumah, pertama kamu harus menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti saklar, kabel NYM, Box saklar, fitting lampu, klem pipa, tespen, tang kombinasi, lakban, obeng dan pipa instalasi. Jika semuanya sudah disiapkan, kamu dapat mulai memasang saklar listrik sendiri serta mengikuti cara-cara di bawah ini.

1. Buatlah sebuah titik kecil pada dinding sebagai tanda untuk memasang saklar listrik, jika sudah lobangi titik yang tadi di tandai. Jika memungkinkan kamu bisa membuat lubang dengan tinggi 1,5 meter.
2. Masukan beberapa kabel yang mau dihubungkan pada saklar.
3. Untuk membentuk sebuah rangkaian, kamu bisa melihat gambar di bawah ini. 



4. Pada gambar diatas, kabel yang dihubungkan ke saklar yaitu kabel utama fuse, sedangkan kabel yang lain akan terhubung ke fitting lampu seperti kabel hitam. Jadi arus yang diputus yaitu arus yang terjadi jika di tespen akan menyala, hal ini bertujuan agar lampu tidak akan berkedip-kedip saat ingin dimatikan. Jika jalur fuse tidak diaktifkan biasanya akan menimbulkan lampu terang sebelahnya saja. 
5. Kamu dapat melakukan beberapa penyambungan lampu dengan rapi serta tidak ada kabel yang rusak agar tidak konslet. 
6. Setelah melewati proses pemasangan atau penyambungan sudah selesai, kamu hanya perlu merapikan kabel yang ada agar tidak berantakan. 
7. Jika cara pertama kamu melakukannya dengan melubangi dinding, kamu juga harus menutup kembali dengan pasir dan semen. Hal ini bertujuan agar tidak ada binatang yang akan masuk ke dalam lobang yang kamu buat tadi. Apalagi jika serangga pengerat membuat sarang didalam lobang ini maka akan mengakibatkan kerusakan komponen saklar. 
8. Jika kamu tidak melubangi dinding atau pengeboran, kamu bisa mencoba menyalakan langsung saklar yang tadi kamu buat. 
9. Saklar listrik kamu sudah siap digunakan! 
10. Selamat mencoba dan semoga berhasil setelah mengikuti beberapa tips di aritkel ini. 

Nah, bagaimana sobat? Mudah kan untuk memasang saklar lampu sendiri dirumah? Semoga cara di atas dapat membantu pekerjaanmu. Karena untuk memasang saklar listrik tidak sesulit apa yang kamu pikirkan, kamu hanya perlu cukup mengerti rangkaian kabelnya. Setelah memahaminya, pasti kamu dapat melakukannya sendiri dirumah dan kamu juga bisa memastikannya bahwa saklar listrik telah terpasang dengan rapi sesuai apa yang kamu mau dengan prosedur listrik yang sudah diterapkan di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment