Friday, September 13, 2019

Solusi Pemerintah Berbagai Daerah Untuk Mengurangi Kemacetan


Setiap daerah diatur oleh kebijakan-kebijakan pemerintah dengan tujuan agar daerah tersebut tertata rapi dan teratur. Begitu pun dalam hal kesejahteraan masyarakatnya. Dari waktu ke waktu pemerintah di setiap daerah di Indonesia melakukan sejumlah upaya dalam membuat daerahnya lebih berkembang. Seperti Inland Waterways Cikarang dengan tujuan utama menjawab kekhawatiran masyarakat di Bekasi sekitarnya.

Menjawab Kekhawatiran Masyarakat

Sebagian besar masyarakat Bekasi memang sudah lama memiliki rasa khawatir, khususnya dalam hal kemacetan di area tol yang kian lama membuat warga merasa stress. Sebab, padatnya kendaraan contohnya jenis truk pembawa barang-barang logistik setiap hari di tol membuat fungsi jalan tol jadi berkurang. Padahal jalan tol harusnya bisa menyelesaikan masalah kemacetan. Kini kemacetan bahkan tidak lepas dari jalan tol di daerah Bekasi.

Oleh karena itu, pemerintah setempat membangun kanal khusus yang bisa sambung ke berbagai pelabuhan-pelabuhan, misalnya pelabuhan Karawang sebagai jalur baru untuk para kendaraan pengangkut barang. Sehingga mereka tidak perlu lagi melewati jalan tol.

Inland Waterways Cikarang yang Masih Dalam Tahap Penyelesaian

Memang pembangunan jalur tersebut masih dalam proses dan diperkirakan baru mulai bisa beroperasi di Tahun 2021 mendatang. Namun pembangunan ini dianggap menjadi solusi terbaik bagi kawasan yang rentan terkena macet akibat hanya memiliki jalur terbatas bagi kendaraan pengangkut barang.

Proyek yang dinamakan juga dengan CBL atau Cikarang Bekasi Laut ini menjadi sebuah tol laut yang nantinya akan berhubungan dan lebih mudah menjangkau kawasan-kawasan industri di Indonesia. Seperti Kota Karawang dengan KNIC yang bisa dijangkau melewati pelabuhan Karawang satu di antaranya.

Pemerataan Barang-Barang Untuk Kebutuhan Pokok

Tidak hanya menjadi solusi kemacetan, jalur baru berkonsep tol laut seperti proyek Indland Waterways Cikarang ini mendatangkan kelebihan lain yaitu membantu dalam pemerataan barang-barang kebutuhan masyarakat. Mulai dari menekan biaya distribusi, hingga membantu pengadaan barang tersebut.

Sehingga pembangunan sejenis tol laut juga sedang dijalankan oleh pemerintah Indonesia terhadap beberapa daerah dan kawasan yang memungkinkan untuk dikembangkan dan memang membutuhkan keberadaan tol laut.

0 comments:

Post a Comment