Saturday, July 20, 2019

Yuk, Intip 7 Batu Akik yang Banyak Diburu oleh Para Kolektor Batu Akik!



Kini hobi mengoleksi batu akik nampaknya masih berlangsung untuk beberapa orang. Apalagi Indonesia menjadi salah satu surganya batu akik. Tidak hanya diincar oleh kolektor dalam negeri saja, tapi kolektor luar negeri sudah mulai masuk ke dalam Indonesia untuk mendapatkan batu akik yang mereka inginkan.


Kira-kira batu akik apa saja yang sedang digemari oleh pecinta batu akik, ya? Yuk, simak beberapa ulasan tentang batu akik yang sering diburu oleh para kolektor di bawah ini! 

  • Bacan
Sumber: Shopee.co.id

Sudah banyak kolektor menginginkan batu akik bacan yang berasal dari Maluku utara, tepatnya di Halmahera Selatan. Bukan hanya kolektor dalam negeri yang mengincar batu ini, bahkan kolektor luar negeri pun juga ikut mencari batu jenis ini. Batu bacan sangat berbeda dari batu akik lainnya karena bacan bisa berubah warna secara alami, semakin lama bermetamorfosa semakin indah warnanya. Batu bacan yang paling populer yaitu bacan palamea dan bacan doko. 


Oh iya, buat kamu yang mempunyai hobi mengoleksi batu akik dan ingin membelinya tetapi tidak punya waktu untuk keluar rumah. Tenang saja, karena saat ini kamu juga bisa membelinya di toko online yang sudah terpercaya. Nantinya disana kamu akan mendapatkan berbagai tawaran batu akik dengan harga menarik, mulai dari batu akik bacan murah hingga yang mahal. 


  • Kalimaya
Sumber: Rumah Ulin
Meski tekstur dari batu ini lembek, tapi tetap banyak pecintanya. Dengan Kalimaya memiliki spesifikasi memancarkan warna seperti permata berlian dan menjadikan batu ini paling banyak diburu oleh para pecinta batu akik. Kalimaya jenis opal sering ditemukan di luar negeri contohnya Negara Meksiko, Australia, Mesir dan India, untuk di negara Indonesia bisa ditemukan di daerah Banten.


  • Kalsedon
sumber: Maxmanroe


Kalsedon mempunyai ciri khas seperti diselimuti kabut, semakin banyak kabutnya akan menambah keeksotisan batu tersebut. Batu ini bisa ditemukan di sekitar daerah Jawa Barat atau Sulawesi Tenggara. Tidak hanya di daerah itu saja, baru baru ini batu akik jenis ini juga ditemukan di Jawa Timur tepatnya di Pacitan.

  • Safir
Sumber: Shopee


Batu ini termasuk golongan batu akik mahal serta mempunyai kelas pasar tersendiri. Walau harganya cukup mahal tidak akan membuat kamu menyesal untuk membeli batu ini, karena keindahan batu safir akan membuat siapa saja yang menggunakannya terlihat keren. Tidak hanya dilihat dari warna saja yang begitu dikagumi, safir juga dianggap mempunyai khasiat yang bisa menenangkan jiwa dan pikiran. Semakin warnanya cerah harganya pun semakin tinggi.


  • Zambrud
Sumber: Shopee
Batu yang memiliki warna khas hijau ini sangat dikenal di kalangan pecinta batu akik. Zamrud sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan biasanya digunakan sebagai pelengkap perhiasan. Batu akik yang memiliki kekerasan 7 skala mohs ini sangat dihargai dengan mahal dan dimuliakan pada zaman kerajaan, karena dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian. 


  • Topaz
Sumber: Batu Cincin Akik


Topaz juga menjadi salah satu primadona oleh para pecinta batu akik. Batu ini memiliki berbagai macam warna seperti jingga, merah dan juga kuning. Batu akik topaz bisa ditemukan di seluruh Indonesia dan negara lain seperti, Meksiko, Brazil, Srilanka, Rusia. Bagi kamu yang percaya atau tidak , batu ini memiliki khasiat sebagai untuk mengurangi depresi bagi penggunannya.


  • Sungai Dareh
Sumber: Batu Cincin Akik


Sungai dareh adalah batu yang berasal dari Sumatera Barat, batu ini cukup populer di Indonesia. Para kolektor sangat menginginkan batu ini, bahkan Presiden ke 6 Indonesia dan Presiden Obama juga menyukai batu ini. Kenapa disukai? Karena batu ini memiliki warna yang eksotis dan keindahan yang langka, jadi sangat wajar jika batu ini memiliki harga yang mahal.

Nah itulah beberapa jenis batu akik yang sering diburu oleh para kolektor Indonesia dan luar negeri. Semoga apa yang kami ulas di dalam artikel ini bermanfaat, ya!

0 comments:

Post a Comment