Thursday, July 11, 2019

Pahami Cara Penyajian Susu Pendukung Mpasi


Mpasi merupakan masa-masa penting dalam pengenalan makanan pertama untuk si kecil. Selain itu, masa ini juga merupakan kesempatan emas bagi orang tua untuk mengenalkan dan membiasakan si kecil merasakan makanan sehat. Orang tua harus benar-benar mengawasi nutrisi pada makanan si kecil.

Selain itu, susu formula juga mendukung kesuksesan pada masa ini. Nah, untuk lebih memahami bagaimana cara penyajiannya, simak penjelasan berikut di bawah ini.

Cara Penyajian Susu Pendukung Mpasi 

Cara penyajian ini umumnya sudah ada pada kemasan susu, atau bisa diubah sesuai dengan saran dokter atau bidan. Berikut ini cara penyajian susu bubuk yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Mencuci Tangan

Pastikan untuk selalu mencuci tangan sampai bersih dengan air mengalir sebelum menyiapkan susu untuk si kecil. Hal ini untuk membersihkan tangan dari kuman atau bakteri.

2. Mencuci dan Merebus Botol atau Gelas

Sebelum menggunakan botol atau gelas susu, cuci terlebih dahulu hingga bersih. Lalu rebus selama lima menit dan biarkan dalam wadah yang tertutup hingga saat akan dipakai.

3. Merebus Air Minum

Rebus terlebih dahulu air minum untuk campuran susu formula pendukung Mpasi hingga mendidih selama lima menit. Setelah itu, biarkan hingga suam-suam kuku.

4. Menuangkan Air Minum Sesuai Takaran

Setelah air suam-suam kuku, tuangkan ke dalam botol atau gelas sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Takaran air minum sudah tertera pada kemasan susu, biasanya sebanyak 175 ml.  

5. Tambahkan Bubuk Susu dengan Sendok Takar

Tambahkan bubuk susu sesuai dengan takaran yang sudah tertera pada kemasan susu. Gunakan hanya sendok takar yang disediakan pada kemasan susu dan bagiannya atasnya harus diratakan.

6. Aduk atau Kocok Campuran Susu

Kemudian aduk atau kocok campuran susu dan air minum hingga larut seluruhnya

7. Tutup dan Simpan Susu

Yang terakhir, tutup rapat-rapat kaleng atau kemasan susu setelah menggunakan. Kemudian simpan di tempat yang sejuk dan kering. Setelah membuka kemasan susu, gunakan bubuk susu dalam waktu 4 minggu.

Itulah cara penyajian susu bubuk yang perlu dipahami oleh orang tua agar tidak keliru. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment