Monday, June 17, 2019

Tips Sahur untuk Puasa Pertama


Puasa merupakan aktifitas baru yang akan menjadi aktifitas rutin yang dilakukan sehingga diperlukan penyesuaian. Ketika puasa hari pertama maka sebaiknya ingat niat ketika puasa, ketika diri berfokus pada hawa nafsu maka akan membuat pahala tidak terbayarkan namun dengan rukun puasa akan membuat ibadah puasa lebih bersyukur. Ketika hari pertama sebaiknya jangan susah untuk bangun tidur supaya tidak terlambat melakukan sahur karena sahur akan memberikan energi kepada tubuh selama satu harian melakukan banyak aktifitas.

Kebiasaan puasa tentu terkadang dilupakan karena ketika puasa tubuh akan merasakan lapar pada siang hari dan membuatnya menjadi ingin makan siang. Tanamkan pada diri jika diri sedang berpuasa sehingga jangan mencari makanan untuk memenuhi kebutuhan perut yang sedang lapar. Jika puasa pertama membuat tubuh lemas maka sebaiknya meminum suplemen yang akan memberikan tenaga tambahan dan membantu tubuh tetap sehat dari berbagai penyakit yang datang dari luar. Sebaiknya mengonsumsi obat lambung setelah sahur sehingga perut yang bermasalah mampu dinetralisir, sebaiknya juga mengonsumsi buah dan sayur sehingga akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan. Saat puasa hindari beberapa hal yang membuat tubuh menguras energi berlebih dan menyebabkan rasa kelelahan yang cukup berat.

Berikut adalah tips sahur hari pertama:

• Sebaiknya sahur menjelang imsak dan jika terlalu cepat akan menahan tubuh menahan haus dan lapar dalam waktu 14 jam dan beresiko untuk menurunkan zat gizi dan energi.
• Sebaiknya ketika sahur menghindari minuman diuretik seperti teh kental dan kopi yang membuat tubuh buang air kecil dan membuat tubuh kehilangan banyak cairan.

Selain itu, mulai atur menu sahur dengan kandungan tinggi protein, rendah indeks glikemik dan rendah lemak sehingga akan memberikan membuat tubuh lebih kenyang. Setelah sahur tidak ada salahnya untuk tidur supaya tidak mudah lelah dan jika tidur posisikan kepala lebih tinggi dibandingkan badan supaya tidak menyebabkan GERD karena naiknya asam lambung. Untuk artikel yang lebih menarik kunjungi EF adults.

0 comments:

Post a Comment