Friday, June 28, 2019

Bisakah Fogging Atasi Nyamuk Demam Berdarah 100%?


Fogging sering dijadikan senjata untuk membasmi nyamuk penyebab demam berdarah. Tapi benarkah aktivitas ini bisa berhasil seratus persen?

Usaha memberantas nyamuk penyebab demam berdarah yang paling sering dilakukan adalah dengan fogging. Tindakan pengasapan ini biasanya dilakukan secara berkala dengan harapan nyamuk Aedes aegypti yang menjadi penyebab demam berdarah bisa dibasmi.

Fogging biasanya dilakukan dengan menggunakan bahan insektisida yang dapat membunuh nyamuk dewasa. Agar upaya ini efektif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Periksa peralatan sebelum digunakan. Bila peralatan dalam kondisi tidak baik dan digunakan dengan cara yang salah, maka upaya ini akan sia-sia.
  • Takaran obat. Penting untuk memperhatikan ketepatan takaran obat yang digunakan agar nyamuk benar-benar mati.
  • Waktu yang tepat. Fogging sebaiknya dilakukan antara pukul 9.00-15.00, saat nyamuk terbangun dari tidurnya. Saat tidur, nyamuk akan bersembunyi dan sulit untuk dibunuh.
  • Persiapkan rumah dan lingkungan. Bukalah pintu-pintu dan jendela-jendela rumah. Bersihkan barang-barang yang tidak terpakai dan pastikan tidak ada pakaian yang tergantung –hal ini bisa menjadi tempat nyamuk bersarang.
Jika dilakukan dengan benar, fogging dapat membantu membasmi nyamuk dewasa penyebab demam berdarah. “Meski demikian, perlu ada upaya lain agar demam berdarah benar-benar dapat dihindari,” kata dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan menguras dan menutup tempat-tempat penampungan air terbuka, mengubur barang bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk, dan selalu menjaga kebersihan rumah. Anda juga bisa menanam tanaman pengusir nyamuk dan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.

Pada akhirnya, melakukan fogging dapat membantu membunuh nyamuk dewasa penyebab demam berdarah. Selain itu, terapkan beberapa kiat di atas agar Anda terhindar dari penyakit mematikan ini.

0 comments:

Post a Comment