Friday, May 24, 2019

Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Mengajukan Kredit Motor


Padatnya aktifitas sehari-hari membuat kebutuhan akan sarana transportasi semakin meningkat. Transportasi berupa kendaraan akan membantu mempermudah seseorang untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dengan memiliki kendaraan pribadi, tentu akan membuat Anda leluasa untuk pergi kemana saja, apalagi jika menggunakan motor. Namun karena harga motor tidak semurah yang Anda pikirkan, maka Anda bisa mengajukan kredit motor.

Motor merupakan kendaraan yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Selain karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan mobil, motor bisa digunakan di jalanan yang sempit dan mudah untuk menyalip kendaraan lain saat macet. Selain itu, untuk pengisian bahan bakarnya sendiri pun tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar. Cukup dengan beberapa liter saja, motor sudah bisa digunakan.

Agar Anda tidak perlu menabung sampai berbulan-bulan atau bertahun-tahun, maka Anda bisa mengajukan kredit motor pada pihak dealer maupun leasing. Dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan motor. Anda cukup membayar cicilannya sebulan sekali sampai dengan jangka waktu yang telah ditentukan, sehingga Anda pun akan lebih menghemat biaya karena tidak perlu menggunakan transportasi umum setiap harinya.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan kredit motor, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal agar Anda bisa lebih mengatur keuangan. Lalu apa saja hal-hal yang harus dipertimbangkan? Berikut adalah ulasannya.

1. Menyesuaikan jenis motor sesuai dengan kebutuhan
Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan yaitu menyesuaikan jenis motor sesuai dengan kebutuhan Anda. Jenis motor yang Anda pilih akan menentukan besaran harga cicilan setiap bulannya. Jika Anda membutuhkan motor untuk pergi ke kampus atau ke kantor, Anda bisa memilih motor matic atau motor bebek. Harga kedua jenis motor tersebut relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis motor lainnya seperti motor sport, trail, dan lain-lain.

2. Menyesuaikan dengan budget
Selain menyesuaikan jenis motor sesuai dengan kebutuhan, Anda juga harus menyesuaikannya dengan budget dan penghasilan yang Anda miliki. Pilihlah motor yang harga cicilannya mampu Anda bayar setiap bulannya. Dengan begitu, keuangan Anda pun akan tetap stabil tanpa harus khawatir adanya tunggakan cicilan.

3. Melakukan perbandingan harga
Harga motor di setiap dealer maupun leasing memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk itu, lakukanlah survey terlebih dahulu ke beberapa dealer atau leasing di sekitar wilayah Anda. Perbandingan harga ini sangat penting agar Anda mendapatkan penawaran harga terbaik, sehingga Anda bisa lebih menghemat budget bahkan mendapatkan diskon jika memang tersedia. 

4. Mempersiapkan beberapa dokumen dan persyaratan lainnya
Sebelum mengajukan kredit motor, Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen persyaratannya terlebih dahulu. Dokumen-dokumen tersebut meliputi fotokopi KTP, dan fotokopi Kartu Keluarga. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan uang muka sebagai biaya awal pembayaran kredit. Uang muka yang dibayarkan biasanya sebesar 25% dari jumlah kredit. 

Jika Anda memiliki budget yang lebih, maka Anda bisa membayar lebih dari uang muka yang telah ditentukan agar cicilan menjadi lebih ringan dan bunga yang ibebankan pun menjadi lebih sedikit.

5. Menggunakan asuransi
Opsi yang satu ini bisa Anda gunakan atau tidak. Namun, dengan menggunakan asuransi, maka motor Anda akan lebih terlindungi dari resiko kecelakaan yang sewaktu-waktu mungkin terjadi. Anda pasti tidak ingin motor Anda rusak sedangkan motor masih dalam proses kredit. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan opsi ini sesuai dengan kebutuhan.

Demikialnlah beberapa tips aman sebelum mengajukan kredit motor. 

0 comments:

Post a Comment