Monday, May 13, 2019

5 Jenis Makanan yang Wajib Dihindari Oleh Wanita Hamil


Pentingnya asam folat untuk ibu hamil dan mau hamil ini digunakan untuk mencegah bayi lair cacat. Karena faktanya asam folat sendiri memiliki peran penting dalam pembentukan tubuh dan juga organ bayi yang ada dalam kandungan. Sumbernya sendiri terbilang banyak, mulai dari daging, telur sampai dengan sayuran hijau. Memang faktanya wanita yang tengah hamil kebutuhan kalorinya meningkat dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya.

Sehingga jangan salahkan jika seandainya mereka akan menjadi lebih mudah lapar dan banyak makan. Karena selain diri sendiri, maka juga ada bayi dalam kandungan yang harus dicukupi nutrisinya. Namun patut untuk diperhatikan jangan sembarangan dalam mengkonsumsi makanan ketika tengah hamil. Setidaknya juga ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari, karena ternyata membahayakan kandungan, diantaranya adalah:

  1. Keju lembut, meskipun nikmat dan kaya kandungan kalsium, namun keju ini berpotensi mengandung bakteri berbahaya di dalamnya, khususnya jenis-jenis seperti gorgonzola. Lebih baik untuk mengkonsumsi keju yang keras, seperti diantaranya adalah cheddar maupun parmesan.
  2. Daging dan juga ikan dalam kondisi mentah, hindari juga mengkonsumsi protein hewani yang kondisinya masih mentah maupun setengah matang, karena ada potensi bakteri bersifat parasit di dalamnya yang akan menginfeksi kandungan.
  3. Jus peras segar, yaitu buah dalam kondisi segar yang biasanya langsung dinikmati setelah di hancurkan atau di blender, meskipun lebih segar, namun ada potensi kandungan bakteri E coli yang berbahaya pada jus tersebut. Justru lebih aman produk jus jeruk dalam kemasan, karena sudah melalui proses pasteurisasi.
  4. Sushi dan sashimi, makanan khas Jepang yang terbuat dari bahan dasar ikan mentah ini sebaiknya juga dihindari, karena ada kemungkinan mengandung bakteri berbahaya di dalamnya, mengingat tidak melalui proses pemanasan.
  5. Ikan yang tinggi kandungan merkurinya, seperti diantaranya adalah king macarel, ikan hiu, tile fish dan juga swordfish.
Cukupi semua kebutuhan nutrisi wanita yang sedang hamil dengan mengkonsumsi multivitamin tambahan seperti DHA dan juga zat besi maupun asam folat, apalagi DHA dan kecerdasan ini adalah bagian penting jika orang tua menginginkan bayi yang cerdas.

0 comments:

Post a Comment