Sunday, February 24, 2019

Menu MPASI untuk Bayi Berusia 8 Bulan


Menu MPASI sepertinya tengah menjadi PR bagi Anda yang kini mempunyai bayi. Ya, saat berusia 6 bulan bayi sudah harus mulai diberi MPASI agar nutrisi tubuh tercukupi. Bayi dalam usia ini sangat membutuhkan asupan gizi seimbang yang dapat membantu memaksimalkan proses daya tumbuh kembang bayi Anda.

Setiap menu yang disajikan tentu harus disesuaikan dengan usia si kecil. Menu untuk bayi berusia 6 bulan tentu saja berbeda dengan menu MPASI untuk bayi berusia 8 bulan. Hal ini dikarenakan seiring pertumbuhannya, nutrisi yang dibutuhkan juga semakin bertambah. Porsinya juga sudah tidak sama lagi dengan saat si kecil masih berusia 6 atau 7 bulan.

MPASI untuk Bayi Berusia 8 Bulan

Berikut adalah informasi tentang menu-menu MPASI untuk bayi berusia 8 bulan.

1. Pure Pisang Susu

Pure atau bubur merupakan salah satu makanan wajib dikonsumsi untuk bayi yang masih berumur di bawah satu tahun. Teksturnya yang lembut mempermudah bayi Anda dalam mengunyah dan mencernanya.

Banyak varian pure atau bubur yang dapat Anda buat. Salah satunya yaitu dengan membuat pure pisang susu. Kandungan gizi dalam buah dan susu sangatlah tinggi. Maka memberikan makanan ini kepada buah hati Anda sangat dianjurkan.

Cara membuatnya pun cukup sederhana, Anda cukup lumatkan pisang sampai lembut lalu tambahkan susu sedikit demi sedikit. Tingkat kekentalan bubur bisa disesuaikan dengan selera.

2. Bubur Merah Sayur Ayam

Bubur merah menjadi salah satu bubur dengan kandungan karbohidrat tinggi. Kandungan karbohidrat yang tinggi dapat meningkatkan keaktifan bayi Anda dalam bergerak. Tidak sedikit para Ibu yang memberikan beras merah untuk di konsumsi buah hatinya yang masih berusia 8 bulan.

Salah satu olahan beras merah yaitu dengan mengkombinasikannya dengan sayur ayam. Kandungan ayam yang kaya akan protein hewani mampu mempercepat pertumbuhan buah hati Anda. Selain itu, kandungan protein nabati dalam sayuran dapat bermanfaat banyak untuk perkembangan bayi.

Maka dari itu, bubur merah sayur ayam ini merupakan salah satu kombinasi yang pas. Cara pengolahannya yaitu; pertama masak dulu bubur beras merah sampai matang. Untuk rasa gurih bisa dengan menambahkan sedikit sekali garam halus, atau menggunakan keju parut. Setelah bubur matang, masukkan cincangan daging ayam, wortel, dan bayam lalu aduk rata.

3. Pure Kacang Hijau Kombinasi Jagung

Bubur kacang hijau dengan dikombinasikan dengan jagung merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein nabati. Makanan ini menjadi salah satu makanan bergizi yang bisa diberikan kepada buah hati Anda yang berumur 8 bulan.

Makanan pendamping ASI yang satu ini cukup mudah cara pengolahannya, yaitu pertama sangrai kacang hijau,  kupas yang telah direndam hingga matang. Haluskan sampai lembut lalu sisihkan. Di panci lain, rebus jagung dengan air secukupnya sampai tersisa setengah dari volume air awal. Saring rebusan jagung, gunakan airnya untuk campuran kacang hijau.

Kemudian aduk rata sambil ditambahkan susu formula bubuk sedikit demi sedikit. Bubur kacang 
hijau kombinasi jagung ini enak disajikan selagi hangat.

Demikianlah beberapa ulasan terkait pilihan menu MPASI bagi bayi usia 8 bulan yang perlu Anda ketahui. Sebagian besar makanan yang cocok untuk bayi usia 8 bulan yaitu makanan dengan olahan bubur atau pure. Hal tersebut dikarenakan tekstur bubur sangatlah lembut sehingga mudah untuk dicerna oleh bayi yang masih berusia 8 bulan. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

0 comments:

Post a Comment