Thursday, February 14, 2019

Menu Lauk untuk Pelengkap Nasi Tumpeng Mini dan Filosofinya


Di budaya Indonesia, nasi tumpeng adalah hal yang istimewa. Anda biasanya akan menemukannya pada berbagai acara adat di masyarakat. Namun kini, tak usah tunggu acara adat, Anda bisa menikmati nasi tumpeng. Tinggal pesan saja nasi tumpeng Jakarta Barat. Lauk-pauknya lengkap bila pesan di sini. Nah, apa saja lauk pauknya?

1. Urap

Salah satu lauk wajib yang ada di nasi tumpeng adalah urap. Urap ini terdiri dari berbagai aneka sayuran seperti tauge, kangkung, bayam, kacang panjang dan masih banyak lagi. Semua sayur tersebut direbus dan dicampur dengan parutan kelapa berbumbu khas. Semua sayuran yang ada di dalamnya memiliki filososi tersendiri.

Misalnya saja, kangkung. Artinya adalah yang melindungi. Lalu, kacang panjang. Memiliki filosofi sebagai pemikiran jauh ke depan. Rasa dari sayur urap ini gurih, lezat dan berbumbu yang sangat cocok mengimbangi beragam lauk-pauk lainnya.

2. Ingkung Ayam

Ingkung Ayam adalah ayam utuh yang disajikan dalam nasi tumpeng. Namun, kebanyakan saat ini, di nasi tumpeng Jakarta Barat atau tumpeng lain yang dijual umum hanya terdiri dari potongan tertentu saja seperti paha atau dadanya. Ayam ini memiliki arti simbol ketenangan hari dan sebagai simbol untuk menyembah Tuhan.

3. Telur

Pada nasi tumpeng, Anda juga akan menemukan telur. Telur tersebut direbus dan disajikan dalam keadaan utuh sebagai salah satu lauk di nasi tumpeng. Telur sendiri memiliki filosofi bahwa kehidupan harus direncanakan untuk mencapai hal yang diinginkan.

4. Tahu dan Tempe

Tak ketinggalan, di dalam nasi tumpeng Anda juga akan menemukan menu lauk berupa tahu dan tempe goreng yang disajikan dalam balutan bumbu manis dan pedas. Kedua menu ini tentunya bisa membuat selera makan Anda naik berkali-kali lipat. Hanya saja, keberadaan tahu tempe ini hanya untuk memperkaya rasa saja. Tidak ada arti khusus untuk makanan ini.

5. Ikan

Ikan juga jadi menu wajib dalam nasi tumpeng. Ikan ini ada banyak jenisnya tergantung kesukaan Anda. Bisa ikan lele, ikan bandeng, hingga ikan asin. Ikan lele memiliki artian ketabahan dan keuletan dalam menjalani hidup. Lalu, ikan bandeng memiliki arti rezeki yang berlimpah layaknya duri di dalam tubuh bandeng.

Selain itu, untuk ikan asin memiliki arti mahkluk sosial yang tak bisa hidup sendiri. Kenapa bisa begitu? Yup! Ikan sain yang disajikan biasanya adalah ikan asin kecil atau ikan teri yang memang disajikan dalam jumlah banyak.

Nah, ternyata, ada banyak sekali menu lauk-pauk dari nasi tumpeng itu, kan? Selain beberapa lauk di atas, biasanya nasi tumpeng juga akan dihiasi dengan perkedel kentang dan sambal. Kalau menikmati nasi tumpeng harus tunggu ada syukuran, kan susah. Jadi, sekarang Anda bisa pesan di nasi tumpeng Jakarta Barat , Royal Tumpeng, dengan harga terjangkau.

0 comments:

Post a Comment