Tuesday, February 12, 2019

Cara Klaim Asuransi Prudential untuk Perawatan di Luar Negeri


Anda sakit ketika berada di luar negeri? Atau, Anda memang sengaja melakukan pengobatan atas penyakit yang Anda alami sekarang di luar negeri? Bila Anda menggunakan asuransi Prudential dan ingin melakukan klaim, ada cara klaim asuransi Prudential yang harus Anda jalani. Prosedur yang harus diikuti itu adalah sebagai berikut!

Hal yang Dilakukan sebelum Melakukan Perawatan di Luar Negeri

Sebelum Anda memulai perawatan di rumah sakit luar negeri dengan asuransi Prudential, Anda harus melakukan beberapa hal ini lebih dulu. Anda harus memberikan informasi rencana perawatan Anda pada dokter yang dituju lebih dulu dengan memberitahukan bagaimana status polis dan manfaat asuransi tambahan PPH yang akan Anda terima.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa rumah sakit yang ditju adalah rekanan dari Third Party Administrator atau TPA atau Administrator Pihak Ketiga dari Prudential. Anda bisa mengonfirmasinya melalui nomor telepon dengan menggunakan nomor telepon yang ada di balik kartu peserta asuransi Prudential Anda.

Selain itu, beritahukan juga info mengenai masa tunggu untuk perawatan dan kondisi medis Anda terakhir kali pada dokter yang akan menangani. Lalu, beritahukan juga mengenai perawatan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Dalam tahap ini, Anda diharuskan untuk mempersiapkan nomor polis, nomor telepon yang bisa dihubungi dan alamat email aktif.

Nantinya, pihak TPA akan memberikan konfirmasi pada akun Anda dalam waktu 2 x 24 jam sebelum perawatan di rumah sakit tersebut dilakukan. Selain pada pihak keluarga Anda, informasi yang ini nantinya juga akan dikirim pada Tenaga Pemasar Prudential sehingga Anda bisa minta keterangan dari mereka juga nanti.

Prosedur Klaim Perawatan Luar Negeri

Untuk cara klaim asuransi Prudential perawatan luar negeri dari asuransi PruPrime Healthcare atau PPH ini, setelah mendapat konfirmasi dari TPA, Anda harus menunggu pihak TPA mengirimkan dokumen berupa client consent lebih dulu. Setelah itu, nantinya pihak TPA akan melakukan konfirmasi jadwal tindakan media dan perawatan Anda.

Jika jadwal tindakan medis disetujui oleh rumah sakit yang dituju, nantinya TPA akan mengonfirmasinya pada Anda. Lalu, tindakan perawatan akan dilakukan. Bila dilakukan rawat jalan, maka metode reimbursement atau penggantian akan dilakukan. Maksudnya, Anda harus membayar dengan dana sendiri lebih dulu baru nanti diganti pihak Prudential.

Syarat dan ketentuan mengenai metode reimbursement ini bisa Anda lihat pada polis asuransi Anda. Namun, kalau tindakan yang dilakukan adalah rawat inap, Anda tak perlu membayar lebih dulu. Namun Anda tetap harus memberi kartu kredit Anda karena rumah sakit tersebut harus memastikan tak terjadi selisih biaya dengan perawatan Anda nantinya.

Nah, itulah prosedur dan cara klaim asuransi Prudential untuk perawatan luar negeri khusus untuk  asuransi PruPrime Healthcare atau PPH. Memang terdengar ribet, namun semua itu sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan Anda bisa membacanya pada polis asuransi Anda.

0 comments:

Post a Comment