Tuesday, February 19, 2019

Alasan Kerja Part Time Wajib Dilakukan Para Mahasiswa


Kerja part time tentu menjadi pilihan tersendiri bagi sebagian besar mahasiswa. Setidaknya banyak mahasiswa merasa bisa membiayai segala kebutuhan harian termasuk biaya kuliah dari hasil keringat sendiri. Tentu membagi waktu antara pekerjaan paruh waktu dengan kesibukan kuliah bukan hal yang mudah. Toh, Anda tetap bisa mendapatkan banyak manfaat dari pengalaman ini. Yuk, simak 7 manfaat kerja paruh waktu yang bisa Anda dapatkan berikut!
1. Memiliki tambahan uang jajan
Banyak mahasiswa yang mungkin harus berhemat agar biaya bulanan yang diberikan orangtua bisa mencukupi segala kebutuhan. Tak heran kalau mereka mencari berbagai pekerjaan paruh waktu demi bisa mengumpulkan uang jajan tambahan. Nah, Anda bisa mencari jenis pekerjaan yang bisa dilakukan kala waktu luang lho! Memiliki tambahan uang jajan tentu akan memberikan kepuasan batin tersendiri.
2. Mencari pengalaman
Pengalaman merupakan guru paling berharga tak sekadar ungkapan biasa. Pasalnya, anak kuliah juga bisa mengerjakan kerja part time demi menambah wawasan dan pengalaman baru. Jika Anda hanya menerima banyak teori di bangku kuliah, sudah saatnya mempraktikkan ilmu yang didapat dengan terjun langsung ke pekerjaan yang sesungguhnya.
3. Memiliki teman baru
Melakukan kerja paruh waktu tak hanya memberikan pengalaman dan penghasilan tambahan namun Anda bisa memiliki banyak teman baru. Saling sharing ilmu pengetahuan tentu akan menambah wawasan Anda. Selain itu, memiliki teman baru di lingkup pekerjaan yang Anda tekuni juga akan memperluas jaringan. Kelak saat lulus kuliah, Anda bisa memiliki banyak relasi yang bermanfaat untuk jenjang karir selanjutnya.
4. Menyalurkan hobi secara maksimal
Memilih jenis pekerjaan paruh waktu yang sesuai bakat dan passion akan membantu Anda menyalurkan hobi dengan baik. Jika hobi bisa menghasilkan uang, kenapa tidak? Anda bakal merasa menjalankan hobi bukan sekadar bekerja kok. Menikmati setiap pekerjaan yang Anda lakukan akan membuat pekerjaan paruh waktu tidak menjadi beban.
Selain itu, menyalurkan hobi yang positif ini merupakan bentuk mengisi waktu luang yang bermanfaat. Mahasiswa tidak selalu identik dengan pergaulan bebas dan hal-hal yang buruk lain kok. Anda tetap bisa mengimbangi prestasi di kampus dengan memiliki karir cemerlang sebagai pekerja part time. Keren, bukan?
5. Melatih diri sendiri
Kerja part time banyak memberikan manfaat untuk diri sendiri lho! Menjalankan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab akan memberikan pelatihan pada diri sendiri. Melakoni pekerjaan ini akan melatih diri lebih bertanggung jawab, tidak menggantungkan segala urusan finansial pada orang tua, melatih diri mengatur waktu dengan baik dan seabrek manfaat lain.
Anda bisa menjadi pribadi yang lebih disiplin serta menghargai uang. Siapa tahu penghasilan tambahan yang Anda dapatkan dari melakukan pekerjaan paruh waktu ini bisa menjadi tabungan masa depan. Mau bekerja atau membangun usaha sendiri pasca lulus kuliah, Anda jelas memiliki modal dari tabungan sendiri.
Tentu masih ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki pekerjaan paruh waktu. Hal yang patut Anda pertimbangkan saat terjun ke dunia pekerjaan paruh waktu ini adalah memiliki sikap konsisten dan tanggung jawab. Pastikan juga memilih pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemampuan Anda ya!
Memiliki kerja part time bisa menjadi batu loncatan agar Anda dipertimbangkan menjadi tim rekrutan perusahaan besar. Bisa pula menjadi pengalaman untuk Anda yang kelak ingin menjadi pengusaha di era Millenial. Anda hanya perlu membagi waktu dengan baik antara tugas kuliah dan pekerjaan sesuai deadline masing-masing. Kerja paruh waktu yang menghasilkan banyak keuntungan, kenapa tidak?

0 comments:

Post a Comment