Thursday, February 28, 2019

7 Kesalahan yang Membuat AC Rumah Anda Mudah Rusak


Memiliki AC di rumah menjadi kebutuhan utama hidup di negara tropis seperti Indonesia. Sensasi dingin yang dihasilkan bakal membuat Anda langsung segar kala cuaca begitu terik. Namun, sebaiknya Anda rajin melakukan cuci AC agar komponen pada mesin penyegar ruangan tetap bisa beroperasi dengan baik. Jangan sampai AC tidak lagi terasa dingin padahal Anda baru saja membelinya. 

Agar AC tetap bisa bekerja maksimal mendinginkan suhu udara, Anda wajib memperhatikan 7 kesalahan yang sering dilakukan saat mengoperasikan AC berikut ini. 

1. Mengatur suhu AC ke titik terendah dengan kecepatan fan maksimum 
Kesalahan pertama yang sering dilakukan adalah mengatur suhu AC ke titik terendah dengan fan kecepatan maksimum. Hal bisa berimbas pada kompresor AC bekerja lebih keras sehingga membuat pembengkakan biaya listrik bulanan Anda. 

Sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengatur AC dengan suhu dibawah 22 derajat celsius. Jika menginginkan suhu dibawah 22 derajat celsius, cukup nyalakan AC selama 15 menit lebih awal dan gunakan timer. Untuk penderita asma atau alergi, suhu AC yang direkomendasikan adalah 23-25 derajat celsius saja. 

2. Langsung menyalakan AC begitu memadamkannya
Jika terjadi pemadaman listrik atau Anda tidak sengaja mematikan AC melalui remote, sebaiknya tunggu beberapa saat sebelum menyalakan mesin AC kembali. Langsung menyalakan mesin AC bisa berdampak pada kompresor AC yang mudah rusak. 

3. Lupa mematikan AC
Memang tidak disarankan untuk menyalakan dan mematikan AC terlalu sering dalam kurun waktu singkat tetapi Anda juga tidak diperbolehkan menghidupkan AC terus menerus. Mesin AC juga butuh waktu istirahat sehingga Anda wajib memperhatikan waktu ideal menyalakan AC sekitar 8-9 jam. Atur timer jika Anda takut lupa mematikan AC sepanjang hari ya!

4. Hindari merokok di ruangan AC
Sebenarnya aturan ini wajib dipatuhi semua orang termasuk perokok aktif. Jika Anda ingin merokok, pergilah ke luar ruangan untuk menghindari percampuran panas rokok dan gas freon AC yang bisa berdampak pada keracunan udara. Selain itu, bau tidak sedap sangat mengganggu kenyamanan orang lain jika Anda bandel merokok di ruangan AC. 

5. Jarang membersihkan bagian AC
AC wajib dibersihkan secara rutin baik bagian indoor atau unit outdoor. Sebaiknya Anda cuci AC secara berkala. Kotoran berupa debu dan karat bisa menyebabkan kondensor AC tidak mampu bekerja secara maksimal mengirimkan udara dingin ke ruangan. 

6. Mengatur AC mode heat
Penyebab AC tidak mampu mengirimkan udara dingin ke ruangan dikarenakan lupa mengatur AC mode heat. Padahal, mode ini berfungsi menghangatkan ruangan lho! Sebaiknya Anda memahami betul pengoperasian tombol AC mulai heat, cool, dry, auto dan fan mode. 

7. Kesalahan pemasangan AC tanpa memperhatikan kestabilan tegangan listrik
Penyebab mesin AC di rumah Anda tidak awet dan mudah rusak bisa disebabkan oleh kesalahan pemasangan AC yang tidak memperhatikan tegangan listrik. Tegangan yang tak stabil bisa menyebabkan kerusakan mesin khususnya kompresor dan modul PCB. Jadi, sebaiknya Anda tidak menyalakan AC saat tegangan listrik tiba-tiba turun mengingat kompresor AC begitu peka terhadap arus dan tegangan listrik.

7 kesalahan mengoperasikan mesin AC di atas wajib Anda perhatikan agar AC bisa awet dan tahan lama. Lakukan cuci AC secara rutin untuk menjaga mesin penyegar ruangan terbebas dari debu dan kotoran. Selain itu, Anda juga harus melakukan service berkala untuk meminimalisir kerusakan mesin AC seiring pertambahan usia. Selama Anda merawat dan mengoperasikan AC dengan baik, maka AC bisa tetap dingin dalam jangka waktu lama.

0 comments:

Post a Comment