Monday, January 21, 2019

Kebiasaan Membaca Sejak Bayi Bisa Buat Anak Jadi Lebih Cerdas


Banyak orang mencoba mengajari anak mereka sedari usia yang sangat dini. Sebuah penelitian terbaru ternyata menjustifikasi perilaku ini dan menyebut bahwa terdapat hubungan yang sangat besar antara belajar sejak usia dini dengan kesuksesan.

Dilansir dari health24, peneliti dari Penn State University menemukan hubungan antara belajar sejak usia kecil ini dengan kesuksesan di masa mendatang. Penelitian ini bahkan mengetahui usia berapa seharusnya anak mulai belajar, yaitu dua tahun.

Dalam penelitian ini, orang tua mengisi sebuah survei mengenai berapa banyak kata yang diketahui oleh anak mereka yang berusia dua tahun. Kemudian tiga tahun kemudian peneliti kembali memeriksa data tersebut ketika sang anak sudah di TK.

Balita yang memiliki kosakata lebih banyak cenderung lebih siap dalam membaca dan mempelajari matematika saat TK. Selain itu terbukti bahwa mereka lebih bisa memberi perhatian di kelas dan berkelakuan lebih baik. Hal ini menjadi alasan mengapa mereka mendapat hasil yang lebih baik di sekolah juga.

Kosakata yang banyak ini diperoleh dari usia yang sangat dini dan interaksi dengan ayah dan ibu. Pemerolehan bahasa dan kata ini bisa dilakukan secara mudah seperti dengan melibatkan anak ketika berbicara dan membaca.

Sebuah penelitian terdahulu di University of Iowa mengetahui bahwa bayi merespons lebih baik terhadap buku bacaan dibanding pada mainan. Hal ini juga mendorong mereka untuk memperoleh lebih banyak hal dari kebiasaan tersebut.

Bayi dalam usia yang sangat kecil mungkin hanya merespons kata-katamu ketika membaca dengan kata-kata yang tak bisa dipahami. Namun ketika kata-kata ini kamu respons secara berulang dengan kata-kata maka dia akan mengalami perkembangan bahasa dari ini.

Hal yang penting dalam memperkenalkan bacaan pada anak yang baru mulai membaca adalah jenis bacaan. Anak sebaiknya diberi buku yang memiliki gambar dengan warna terang serta kalimat sederhana dibanding hanya sebuah kata.

Orang tua yang sering membaca juga perlu dilakukan agar tak hanya kosakata bayi saja yang berkembang namun juga kecintaannya terhadap buku. Pada akhirnya, hal ini mampu membantu mereka lebih lanjut dalam bersekolah.

0 comments:

Post a Comment